File Flashdisk tiba-tiba hilang setelah di pinjam teman, bagaimana cara mengembalikannya?langsung aja Praktekkan..

data flashdisk tiba-tiba hilang
fd-01. Data tiba-tiba hilang
Mungkin kamu pernah mengalami tiba-tiba saja data hilang dari flashdisk atau flashdisk tiba-tiba kosong. Padahal tidak merasa menghapusnya atau memformat flashdisk sementara kalau kita lihat properties flashdisk masih terlihat ada space yang terpakai tetapi kita buka tetap tidak ada. Jika mengalami hal itu jangan panik dengan segera memformat flashdisk kita karena itu berarti data akan hilang selamanya.


Data hilang dari flashdisk atau flashdisk kosong ini biasanya disebabkan oleh virus. Umumnya virus masuk saat flashdisk kita digunakan di komputer lain selain komputer yang biasa kita pakai (teman, kantor, warnet, rental). Saat virus masuk, virus akan menyembunyikan file kita di satu folder dan memberikan atribut "file system" dan "hidden" pada file dan folder kita serta menempatkan file dan shortcut dengan nama file-file kita sebagai pengganti. Shortcut inilah yang akan menginfeksi komputer berikutnya dimana flashdisk akan ditancapkan.

Saat kita mengakses file kita dari flashdisk pada komputer tanpa software antivirus sama sekali, kita sebenarnya sudah memasukan virus ke komputer tersebut. saat kita panggil file kita, virus pun akan menyebar karena sebelum file kita diakses, virus terlebih dahulu menjalankan program virus dan menyebarkan tipuannya dengan menyembunyikan file asli di suatu folder yang diberi attribut (attrib) sebagai file system danhidden, setelah itu baru file kita terbuka. Itulah sebabnya kita tidak merasa file kita hilang.

Lain halnya saat kita mengakses file kita di komputer yang punya software antivirus, maka antivirus akan menangkap adanya virus dan virus akan dibuang tetapi tidak mengembalikan file yang sudah disembunyikan oleh virus tersebut dan hasilnya kita mendapatkan flashdisk kita seolah-olah kosong dan kita mulai bingung. Jadi yang membuat flashdisk kita jadi terlihat kosong sebenarnya adalah software antivirus kita sendiri. Lalu bagaimana cara mengembalikan file yang hilang dari flashdisk yang terlihat kosong?

Untuk sekedar melihat file yang tersembunyi, kita bisa melakukan sedikit setting pada windows explorer kita seperti di bawah ini:
  • Setting pada windows XP:
    • Buka My Computer lalu klik "Tools", selanjutnya pilih "Folder Options"
    • Setelah muncul windows baru, cari tab "View".
    • Cari "Hidden files and folders" dan pilih "Show hidden files and folders"
    • Hilangkan tanda Check pada "Hide protected operating system files"
    • Apply dan OK
  • Setting pada Windows7
    • Buka My Computer lalu klik "Organize", selanjutnya pilih "Folder and search Options"
    • Setelah muncul windows baru, cari tab "View".
    • Cari "Hidden files and folders" dan pilih "Show hidden files and folders"
    • Hilangkan tanda Check pada "Hide protected operating system files"
    • Apply dan OK
Setelah melakukan setting diatas, buka flashdisk dan akan terlihat satu folder tanpa nama dengan icon folder biasa tetapi agak blur. Buka folder tersebut, maka akan terlihatlah semua data kita. Kita bisa mengembalikan data tersebut ke posisi asal diluar folder tersebut atau membiarkannya tetap disitu.

Untuk benar-benar mengembalikan file yang hilang dan flashdisk kita ke kondisi asal, kita membutuhkan software antivirus yang handal dalam hal ini saya menggunakan AVG Internet Security digabung dengan software antivirus lokal kita yaitu SmadavAVG Internet Security akan membuang virus yang menjangkit flashdisk dan komputer kita. Setelah bersih dari virus, selanjutnya kita  Scan komputer atau flashdisk kita dengan Smadav, dan Smadav ini sebetulnya tidak terlalu handal untuk menangkal virus tetapi dia mempunyai feature untuk memdeteksi adanya file yang disembunyikan dan akan melaporkan bahwa ada file "hidden" di flashdisk, cukup "UnHide" dari Smadav dan folder tersembunyi akan muncul beserta data kita di dalamnya, tentu flashdisk kita akan kembali normal bukan flashdisk kosong lagi :D. Selanjutnya terserah anda mau mengembalikan data tersebut ke posisi asal diluar folder tersebut atau membiarkannya tetap disitu.

pada inti nya kalian scan saja Flashdisk sobat menggunakan anti virus, setelah selesai di scan pasti file sobat langsung terlihat/terbaca/muncul.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "File Flashdisk tiba-tiba hilang setelah di pinjam teman, bagaimana cara mengembalikannya?langsung aja Praktekkan.."