Manajemen Umum

Oke kembali lagi di situs catatan mahasiswa, buat kalian yang berada di semester satu manajemen bisa berpegang/ berpedoman sama materi di bawah ini .. langsung aja cekidot
Buku Pedoman :

Manajemen (Jilid 1 dan Jilid 2)
            Harold Koontz/Cyril O’Donnel/Heinz W.
2.         Manajemen
            Richard L. Daft
3.         Manajemen
            James A.F. Stoner/Charles Wankel
4.         Manajemen
            T. Hani Handoko
5.         Prinsip Dasar Manajemen
            Indriyo Gitosudarmo
MATERI :
  1. Pendahuluan
  2. Manajemen dan Manajer
  3. Perkembangan  Teori Manajemen
  4. Manajer dan lingkungan Eksternal Organisasi
  5. Perencanaan Strategis
  6. Pengorganisasian
  7. Koordinasi dan Rentang Manajemen
  8. Wewenang dan Delegasi
  9. Penyusunan Personalia
  10. Motivasi
  11. Komunikasi
  1. Kepemimpinan
  2. Manajemen Konflik
  3. Pengawasan



1.  PENDAHULUAN
Siapa yang membutuhkan manajemen ?
                         Perusahaan (bisnis)
                         Semua tipe organisasi
                         Semua tipe kegiatan

Mengapa manajemen dibutuhkan ?
Untuk mencapai tujuan organisasi
Untuk menjaga keseimbangan di antara tujuan-tujuan yang saling bertentangan
Untuk mencapai efisiensi dan efektifitas
Efisiensi
¨       Adalah kemampuan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dengan benar
¨       Derajat atau tingkat pengorbanan dari suatu kegiatan yang dilakukan untuk mencapai tujuan
Konsep matematika : Ratio antara output (keluaran) dan input (masukan)
Output :
                        > Hasil
                        > Produktivitas
                        > Performance
Input :
                        > Tenaga Kerja
                        > Bahan Baku
                        > Uang
                        > Mesin dan Waktu

Seorang Manajer Efisien :
¨       Manajer yang bisa mencapai Output lebih tinggi  dari input yang digunakan
¨       Manajer yang dapat meminimumkan biaya penggunaan sumberdaya–sumberdaya untuk mencapai output yang telah ditentukan
¨       Manajer yang bisa memaksimumkan output dengan jumlah input yang terbatas
Efektifitas
¨       Merupakan kemampuan untuk memilih tujuan yang tepat atau peralatan yang tepat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan
¨       Derajat atau tingkat pencapaian hasil yang diharapkan
Manajer yang efektif :
            Dapat memlilih pekerjaan yang harus dilakukan atau metode/ cara yang tepat untuk mencapai tujuan
Peter Drucker mengatakan bahwa:
¨       Efektifitas adalah melakukan pekerjaan yang benar (doing the right things)
¨       Efisiensi adalah melakukan pekerjaan dengan benar           (doing things right)
Pengertian Manajemen
¨       Manajemen merupakan proses perencanaan (Planning), pengorganisasian (Organizing), pengarahan (Actuating) dan pengawasan (Controlling) usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumberdaya-sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan
¨       Ilmu tentang upaya manusia untuk memanfaatkan semua sumber daya yang dimilikinya untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien

Gambar. 1 skema manajemen umum
Gambar. 1 skema manajemen umum




Gambar. 2 skema manajemen umum
Gambar. 2 skema manajemen umum








Manajemen :
¨       Sebagai Ilmu (Science) à ilmu terus berkembang
                                                à utk  pembuatan keputsn
¨       Sebagai Seni  (Art) à perencanaan, kepemimpinan,komunikasi & segala sesuatu yang                                         menyangkut manusia
¨       Sebagai Profesi à Profesional  :   pembuatan   keputusan   berdasarkan prinsip umum à                              pendidikan      formal
à Para profesinal mendapatkan status karena prestasi bukan  favorit, suku dan kriteria lain



2.     MANAJEMEN DAN MANAGER
MANAJER à setiap orang yang mempunyai tanggung jawab atas bawahan dan sumberdaya-sumberdaya organisasi lainnya
Manajer diklasifikasikan menjadi 2, yaitu :
1.     Menurut tingkatannya :
     * Tinggi (Top Manager)
     * Menengah (Middle Manager)
     * Bawah (Lower Manager)
2.     Menurut tanggungjawab dalam organisasi :
     * Manajer Umum (General Manager)
     * Manajer Fungsional (Functional Manager)
Tingkatan Manajer :
1.     Manajer Puncak
          Bertanggungjawab atas keseluruhan manajemen organisasi
          Contoh : Direktur, Presiden, Kepala dsb
2.     Manajer Menengah
          Membawahi dan mengarahkan kegiatan-kegiatan para manajer lainnya juga karyawan operasional
          Contoh : Kepala Seksi, Kepala Bagian dsb
3.     Manajer Bawah
          Memimpin dan mengawasi tenaga-tenaga operasional
          Contoh : Mandor, pengawas lapangan
MANAJER FUNGSIONAL DAN UMUM
1.     Manajer Fungsional
          Mempunyai tanggungjawab hanya atas satu kegiatan organisasi à produksi, pemasaran, personalia dan keuangan
2.     Manajer Umum
          Mengatur, mengawasi dan bertanggungjawab atas satuan kerja keseluruhan  divisi operasi yang mencakup semua atau beberapa kegiatan funsional satuan kerja
APA YANG HARUS DI LAKUKAN MANAGER ?
  1. Manajer bekerja dengan dan melalui orang lain
  2. Manajer memadukan dan menyeimbangkan tujuan-tujuan yang saling bertentangan dan menetapkan prioritas-prioritas
  3. Manajer bertanggungjawab dan mempertanggungjawabkan
  4. Manajer harus berpikir secara analistis dan konseptual

Ada 3 aliran pemikiran manajemen yaitu
1.  Aliran Klasik :
      a. Manajemen Ilmiah
      b. Teori Organisasi Klasik
2.   Aliran Hubungan Manusiawi (Neo Klasik)
3.   Aliran Manajemen Modern



I.     ALIRAN KLASIK :
      Kelompok Manajemen Ilmiah, Tokoh-tokohnya antara lain :
      1.     Robert Owen (1771-1858)
      Menekankan pentingnya :
      a).    Umur manusia     dalam produksi
      b).    Perbaikan dalam kondisi kerja
      c).   Melalui perbaikan kondisi karyawan akan  menaikkan produksi dan keuntungan dan             
investasi paling menguntungkan adalah  pada karyawan atau “ vital Machines” .S50



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manajemen Umum"

Post a Comment